Berwisata Edukasi Di Rumah Fosil Desa Banjarejo Grobogan

Halo teman-teman semua

Rumah Fosil Desa Wisata Banjarejo memiliki ribuan macam fosil-fosil mulai dari benda purbakala sampai dengan fosil hewan purbakala. Rumah Fosil ini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Dengan lokasi yang strategis, tentunya rumah fosil ini bisa menjadi destinasi wisata kalian dan keluarga untuk mengetahui bagaimana sejarah yang pernah ada di Desa Banjarejo tersebut. Selain itu kalian juga bisa melihat apa saja hewan-hewan purba yang pernah hidup di sekitar Desa Banjarejo.

Untuk tempat sendiri, rumah fosil masih harus menggunakan tempat seadanya yang tergolong kecil. Jumlah fosil yang cukup banyak tidak cukup bilamana hanya ditempatkan di satu tempat saja. Oleh karena itu ada beberapa fosil yang disimpan di Balai Desa Desa Banjarejo.


Fosil-fosil yang ada di sana memiliki variasi yang bermacam-macam, mulai dari koin tua, guci tua, bebatuan penyangga rumah, sampai dengan perhiasan-perhiasan peninggalan kerajaan Medang Kawulan. Selain itu untuk fosil hewan-hewan purba pun juga bermacam-macam, mulai dari gading gajah purba, tanduk kerbau purba yang mana 10x lipat tanduk kerbau biasa. Selain itu ada juga gigi hiu purba dan juga rahang kuda nil purba. Namun tentunya masih banyak fosil hewan purba lainnya yang tidak kalah menarik.

Rumah Fosil Desa Wisata Banjarejo ini sangat cocok untuk wisata edukasi untuk siswa siswi dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, selain itu pun mahasiswa juga bisa menjadikan wisata rumah fosil ini menjadi sarana pembelajaran untuk mengetahui sejarah yang pernah ada di Indonesia ini.

Namun sayangnya, rumah fosil yang didirikan belum lama ini tidak memiliki benda-benda prasejarah tersebut terlalu lengkap, karena dahulu warga sekitar Desa Banjarejo-lah yang menemukannya. Namun karena minimnya pengetahuan mengenai benda-benda prasejarah tersebut, banyak benda-benda yang dijual, dan untuk barang-barang yang belum dijual, semuanya dikumpulkan di Rumah Fosil tersebut.


Rumah Fosil Banjarejo ini pun sudah sempat dikunjungi dan diteliti oleh berbagai macam arkeolog mulai dari dalam Negeri sampai Luar Negeri, tentunya dengan satu tujuan, yaitu menggali informasi mengenai temuan-temuan fosil purbakala di Desa Banjarejo.

Diharapkan ke depannya nanti banyak warga yang peduli akan museum rumah fosil tersebut, sehingga banyak partisipan yang membantu mempromosikan Desa Wisata Banjarejo agar bisa menjadi daya tarik pariwisata yang kuat di Kabupaten Grobogan.

Nah, biar tidak penasaran, Yuk ke Grobogan !





Load comments

0 Comments