Ini Dia Klenting Kuning Sumowono Semarang Yang Unik !

Halo teman-teman semua

Perjalanan kali ini saya akan menceritakan tentang air terjun Klenting Kuning yang ada di Sumowono, Kabupaten Semarang.

Klenting Kuning merupakan salah satu Curug yang ada di kabupaten Semarang, tempat nya sih tidak terlalu jauh dari Bandungan. Dari Bandungan kalian hanya perlu meneruskan perjalanan sedikit saja, melewat gerbang candi gedong songo, sekitar 15 menit dari sana kalian akan sampai

Untuk perjalanan ke Klenting Kuning ini dari tempat penjualan tiket ternyata tidak jauh lho ! Tidak seperti Curug kebanyakan yang jauh sekali menuju air terjunnya, harus naik dan turun bukit serta melewati hutan-hutan. Klenting Kuning ini cocok sekali untuk wisatawan yang ingin berlibur namun tidak ingin repot-repot berjalan, jarak dari tempat pembelian tik ke Curug nya pun kurang lebih hanya 1km saja.

Jika kalian sudah sampai di tempatnya, kalian akan disuguhkan air terjun besar yang tingginya sekitar 8 meter saja. Memang tidak terlalu tinggi karena berada jauh dari kaki gunung Ungaran, namun jangan salah, pesona dan suasana nya sangat sejuk dan tenang sekali.

Curug / Grojogan / Air Terjun Klenting Kuning merupakan salah satu pesona tersembunyi dari Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Mendengar namanya terdengar unik namun sepertinya tidak asing. Namanya seperti nama seorang gadis cantik yang akhirnya dipilih oleh Ande-Ande Lumut. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter tersebut, berada di sebelah barat lereng Gunung Ungaran, agak tersembunyi dari khalayak ramai, menyimpan pesona yang tersembunyi dari sebuah desa yang bernama Kemawi. (Sumber : Seputar Semarang)

Meski tersembunyi, namun Curug Klenting Kuning memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan Curug lainnya. Ya! dari namanya saja kita sudah dapat mendeskripsikan apa yang ada di sana. Terlihat dari airnya yang berwarna kuning namun bukan karena kotor dan banyak kotoran, tapi karena lumut-lumut yang menempel di sana serta ada belerangnya juga yang menambah kesan bahwasanya tempat ini begitu indah dan sayang untuk di lewatkan.

Pihak pengelola pun tidak mau mengecewakan para wisatawan, mereka menyediakan pendopo serta toilet untuk para wisatawan yang ingin bersantai-santai untuk menghabiskan waktu dengan alam. 


Selain air terjun pun kita dapat naik sedikit menuju atas karena di sana terdapat hutan pinus yang terlihat indah dan bagus untuk dijadikan spot foto-foto yang unik seperti foto di atas. Terdapat pula saung di atas bukit tersebut untuk menikmati pemandangan dengan nyaman. Lalu jika kalian berjalan agak sedikit ke bawah, kalian akan menemukan banyak bunga trompet yang menghiasi sekitar curug ini. Ada sungai dan kolam kecil juga di sana, namun harus hati-hati karena banyak lumut yang membuat bebatuan menjadi sangat licin.

Alhasil benar-benar tidak akan menyesal bilamana mengunjungi Klenting Kuning. Tidak hanya mendapatkan Curug atau air terjun saja, kalian juga bisa menikmati hutan pinus untuk berfoto-foto dan sudah disiapkan tempat fotonya juga lho. Dengan harga tiket masuk sebesar 5.000 rupiah, harga tersebut tiak akan rugi deh buat kalian semua dengan wisata alam yang satu ini !

Tunggu apalagi, Yuk ke Semarang !


Load comments

10 Comments