Tembok Jebol yang Bersejarah di Yogyakarta

Halo teman-teman semua, jika sebelumnya kami membahas mengenai Museum Pangeran Diponegoro, wisata yang satu ini bisa dibilang masih satu tempat dengan Museum Pangeran Diponegoro.

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu sejarah pada masa penjajahan Belanda dahulu, mungkin warga Yogyakarta sudah banyak yang mengetahui wisata ini. Ya, wisata ini adalah Tembok Jebol Yogyakarta.

Tembok Jebol merupakan salah satu saksi bisu dari sejarah yang diciptakan oleh Pangeran Diponegoro. Bilamana Museum Pangeran Diponegoro bersifat untuk mengoleksi, mengonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda yang mengandung nilai sejarah mengenai perjuangan Pangeran Diponegoro di Yogyakarta, sedangkan Tembok Jebol sendiri merupakan bentuk nyata mengenai apa yang telah dilakukan Pangeran Diponegoro untuk membebaskan diri dari kepungan Belanda pada masa itu.

Pada saat itu Pangeran Diponegoro dikepung oleh pasukan Belanda di sekitar kediamannya pada serangan tanggal 20 Juli tahun 1825. Pengepungan yang dilakukan oleh Belanda membuat pasukan dari Pangeran Diponegoro tidak memiliki jalan keluar, nah satu-satunya jalan keluar yang ada hanya lah dengan menjebol tembok di sekitar kompleks kediaman Pangeran Diponegoro.

Pada akhirnya Pangeran Diponegoro dan pasukannya berhasil melarikan diri dari kepungan Belanda dengan cara menjebol tembok, dan pada saat itu pula Pangeran Diponegoro mendeklarasikan perang terhadap Belanda, yang kita kenal dengan nama perang Jawa.
 

Putra Sultan Hamengku Buwana III ini pada tahun 1825-1830 melakukan perlawanan sengit terhadap penjajahan Belanda di tanah air. Menariknya, ada sebuah dinding yang dijebol oleh Pangeran Diponegoro untuk meloloskan diri dari kepungan pasukan Belanda. Ia menjebolnya dengan tangan kosong. (Sumber : www.brilio.net)

Hingga kini tembok Jebol tersebut dijadikan sebagai tempat wisata, yang unik adalah pihak pengelola tidak mengubah tatanan tembok, pihak pengelola hanya sedikit memperbaiki kondisi di sekitar tembok agar lebih mudah diakses oleh para wisatawan. Tentunya hal tersebut membuat para wisatawan dapat melihat detail dari Tembok Jebol

Oh iya wisata Tembok Jebol ini berada di Jl. HOS Cokroaminoto TR-III/430, Tegalrejo, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244, untuk tiket masuk gratis ya atau bila kalian mendukung wisata di Indonesia bisa bayar seikhlasnya ke pengelola Museum.

Yuk wisata ke Yogyakarta!





Load comments

0 Comments