Serunya Berburu Barang Antik Di Kota Lama Semarang !


Halo teman-teman semua! 

Semarang adalah salah satu kota di Jawa Tengah dan merupakan Ibu kota Provinsi Jawa Tengah, dengan predikat tersebut tentunya kota Semarang harus memiliki banyak sekali tempat wisata, secara Semarang adalah salah satu kota yang memiliki penduduk terbanyak di Jawa Tengah. Penduduk di kota Semarang secara garis besar beragam, mulai dari penduduk Semarang asli, pendatang (mahasiswa dan pedagang) dan juga turis, sehingga banyak sekali kampus, serta tempat menginap di kota Semarang. 

Untuk yang belum pernah ke Semarang atau sering ke Semarang atau bahkan orang Semarang, kami mau memberi sedikit info mengenai tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi malam hari dan tempat ini juga selalu ramai setiap malamnya.

Tempat ini adalah Kota Lama Semarang. Di tempat ini terdapat taman yang disebut dengan taman Sri Gunting, selain itu yang membuat tempat ini unik adalah adanya paguyuban atau perkumpulan penjual barang-barang antik. Oleh karena itu daya tarik tempat ini begitu besar.

Kota Lama Semarang adalah suatu kawasandi Semarang yang menjadi pusat perdagangan pada abad 19-20 . Pada masa itu, untuk mengamankan warga dan wilayahnya, maka kawasan itu dibangun benteng, yang dinamai benteng Vijhoek. Untuk mempercepat jalur perhubungan antar ketiga pintu gerbang dibenteng itu maka dibuat jalan-jalan perhubungan, dengan jalan utamanya dinamai : Heeren Straat. Saat ini bernama Jl. Let Jen Soeprapto. Salah satu lokasi pintu benteng yang ada sampai saat ini adalah Jembatan Berok, yang disebut De Zuider Por. Kawasan Kota Lama Semarang disebut juga Outstadt. Luas kawasan ini sekitar 31 hektare. Dilihat dari kondisi geografi, nampak bahwa kawasan ini terpisah dengan daerah sekitarnya, sehingga nampak seperti kota tersendiri, sehingga mendapat julukan "Little Netherland".


Kawasan Kota Lama Semarang ini merupakan saksi bisu sejarah Indonesia masa kolonial Belanda lebih dari 2 abad, dan lokasinya berdampingan dengan kawasan ekonomi. Di tempat ini ada sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri dengan kukuh dan mempunyai sejarah Kolonialisme di Semarang. Bangunan di Kota Lama Semarang Secara umum memiliki karakter bangunan di wilayah ini mengikuti bangunan-bangunan di benua Eropa sekitar tahun 1700-an." (Sumber : Wikipedia)



Saat kalian masuk ke Kota Lama atau pusatnya, ada taman Sri Gunting yang siap menampung dan memanjakan kita semua, karena taman ini memiliki banyak penyinaran lampu yang memungkinkan kita tetap bisa berfoto foto ria di sekitar taman. Selain taman ada juga angkringan dan sejenisnya, tempat orang berjualan makanan, jadi tidak perlu takut kelaparan atau kehausan kalo lagi berkunjung ke tempat ini. Oh iya, taman ini sebenarnya lebih bagus kalo dikunjungi saat malam hari, kenapa? soalnya di sekitar taman banyak penjual barang antik atau barang lama, sehingga terasa banget kalo di datangi malam hari. Paguyuban penjual barang antik ini juga berjualan setiap harinya, sehingga kalian bisa berfoto foto dengan barang antik seperti sepeda ontel, lampu hias, guci tua dan lainnya.

Nah kurang lebihnya begitu mengenai Kota Lama Semarang, mau tau lebih lanjut? Yuk, wisata ke Semarang! 


                                         
Load comments

1 Comments: