Wisata Alam Di Tengah Kota? Bukit Tidar Magelang Pilihannya!

Halo teman-teman semua

Bagaimana kabar kalian semua? semoga baik dan sehat selalu ya.

Kali ini aku mau kasih tahu ke kalian nih salah satu wisata di Kota Magelang yang cukup terkenal, wisata ini bukan wisata seperti monumen atau museum ya, melainkan wisata alam.

Magelang selalu memiliki berbagai keunikan yang tidak dimiliki oleh daerah lain, salah satunya adalah Bukit Tidar. Bukit Tidar ini merupakan wisata alam yang cukup unik karena berada di tengah Kota Magelang. Bukit Tidar bisa kalian lihat dari pinggir jalan utama Magelang - Jogja. Lokasinya yang strategis ini membuat Bukit Tidar memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan wisata-wisata alam pada umumnya.

Untuk pintu masuknya berada di
belakang terminal angkutan kota Magelang. Kalian cukup berjalan naik sebentar saja dari terminal angkutan untuk sampai di pintu masuk Bukit Tidar. Walaupun wisata Bukit Tidar berada di pinggir jalan utama kota Magelang, namun belum banyak wisatawan yang tahu mengenai keindahan wisata Bukit Tidar ini, bahkan mungkin banyak juga yang belum tahu kalau Bukit Tidar ini adalah salah satu tempat wisata.

Bukit Tidar memiliki ketinggian 503 mdpl, yang mana termasuk bukit yang tidak terlalu tinggi. Namun jangan salah, Bukit Tidar ini memiliki pemandangan yang begitu indah, yaitu berupa pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi serta beberapa pohon lain yang membuat nuansa di Bukit Tidar ini begitu terasa sejuk.
Gunung Tidar terkenal tidak hanya pesona keindahannya saja tetapi di atas Gunung Tidar terdapat makam dan tempat petilasan para leluhur Magelang. Banyak legenda tentang Gunung Tidar Magelang, ada yang mengatakan bahwa Gunung Tidar di Magelang sebagai paku yang menancapkan pulau Jawa yang melayang-layang di tanah. Hal itulah yang menyebabkan Gunung Tidar disebut sebagai “Pakuning Tanah Jawa”.  
Jika kalian berkesempatan mendaki Gunung Tidar, sedikit lagi sebelum mencapai puncak, kamu sudah disambut sebuah petilasan makam dari Syekh Subakir, makam tersebut sampai sekarang pun makam tersebut selalu ramai dikunjungi.  
Tak hanya itu, di sebelah tenggara terdapat sebuah situs lagi, yaitu petilasan Kyai Semar. Petilasan tersebut dibuat serupa dengan makam, berbentuk bangunan besar dengan atap kerucut kuning besar dan dijaga oleh patung naga yang mengelilingi ke empat sisi. Untuk masuk ke sana, Anda perlu melapor pada juru kunci Gunung Tidar. (Sumber : VisitMagelang.id)


Memang para wisatawan yang mengunjungi Bukit Tidar ini lebih didominasi oleh para peziarah. Mereka biasanya berziarah ke makam-makam yang ada di Bukit Tidar. Namun Wisata ini tidak dikhususkan oleh peziarah saja lho, melainkan Bukit Tidar ini juga cocok untuk kalian yang ingin melepas penat atau hanya sekedar jalan santai saja. Oh iya, untuk akses perjalanan saat di Bukit Tidar pun sudah difasilitasi anak tangga yang memudahkan kalian untuk menikmati suasana Bukit Tidar.

Nah untuk kalian yang capek, haus dan lapar,  di Bukit Tidar ini juga terdapat spot-spot untuk beristirahat sejenak dan juga beberapa warung kecil untuk kalian membeli makanan atau minuman atau hanya sekedar bersantai-santai menikmati sejuknya suasana di Bukit Tidar. Oh iya tetap harus diingat ya, kalau sudah selesai makan dan minum, sampah-sampah nya jangan lupa dibuang ke tempat sampah, agar tidak mengotori kawasan wisata Bukit Tidar ini. Bagi kalian yang suka foto-foto pun tempat ini memiliki beberapa spot foto yang menarik. 

Tiket masuk ke Bukit Tidar tergolong cukup murah, yaitu hanya Rp. 3.000 saja kalian sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Selain menikmati keindahan alam pun kalian bisa belajar mengenai sejarah-sejarah di Bukit Tidar lho

Jadi tunggu apalagi, yuk ke Magelang!


Load comments

0 Comments