Vihara Buddhagaya Watugong Semarang yang Begitu Indah !


Hallo teman-teman semua

Bagaimana kabar kalian semua? semoga baik dan sehat selalu ya.

Nah, bagi kalian warga Semarang atau yang ingin berwisata ke Semarang, kami memiliki rekomendasi tempat wisata yang unik dan keren nih, wisata ini merupakan salah satu wisata religi di Kota Semarang.

Semarang sendiri memiliki banyak sekali wisata Religi, mulai dari Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah dan lain-lain. Wisata yang ingin kita bahas kali ini adalah sebuah Vihara, yaitu Vihara Buddhagaya Watugong.

Vihara sendiri merupakan salah satu tempat beribadah bagi umat Buddha, nah salah satu Vihara yang ada di Semarang ini adalah Vihara Buddhagaya Watugong. Selain sebagai tempat ibadah, Vihara Buddhagaya Watugong juga dibuka sebagai tempat wisata untuk umum. Luas dari vihara ini kurang lebih adalah 2,25 hektar. Nama Watugong sendiri di  diambil dari sebuah batu mirip alat musik gong yang berada di depan lokasi Vihara.

Vihara Buddhagaya Watugong ini memiliki 2 bangunan utama, yaitu Pagoda Avolokitesvara dan Aula Dhammasala. Untuk Pagoda nya sendiri memiliki tinggi 45 meter yang terdiri dari 7 tingkat, tiap tingkatnya memiliki 4 buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru, untuk lantai dasar terdapat juga patung Dewi Kwan Im yang memiliki ukuran cukup besar. Sedangkan untuk Aula nya terdapat patung Buddha Sidharta Gautama yang sangat besar, ukuran aula nya pun cukup luas. Bilamana tidak sedang digunakan untuk beribadah, aula ini dapat kita masuki dan kita dapat melihat patung Buddha yang sangat besar tersebut. 
Di dalam Pagoda Avalokitesvara yang berukuran 15 x 15 meter dan berbentuk segi delapan ini terdapat patung Dewi Kwan Im berukuran 5,1 meter, serta patung Panglima We Do di sisinya. Di tingkat kedua hingga keenam, ada patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru mata angin. Ini dimaksudkan supaya sang dewi dapat memancarkan welas asih ke empat penjuru. Sedangkan di bagian puncak pagoda terdapat patung Amitabha, yaitu guru besar para dewa dan manusia. Di puncak ini juga terdapat stupa untuk menyimpan relik, yaitu mutiara Buddha. Namun, Anda tidak dapat ke puncak pagoda, karena di pagoda ini tidak disediakan tangga untuk mengakses puncaknya. Total patung yang ada di Pagoda Avalokitesvara berjumlah 30 buah. (Sumber: anekatempatwisata.com)


Nah yang unik adalah pengunjung yang datang bisa dipersilahkan untuk berdoa di dalam Pagoda, pengelola Vihara menyediakan sarana berdoa berupa dupa dan lilin. Sarana Ibadah ini diperuntukkan untuk umum, jadi kalian sebagai wisatawan bisa nih untuk mencobanya.

Vihara Buddhagaya Watugong juga memiliki Pohon Bodhi yang cukup besar, yang mana dibawah nya terdapat patung Buddha dan juga patung Dewi Welas Asih. Nah Pohon Bodhi yang ada di pelataran Vihara Buddhagaya ini ditanam oleh Bhante Naradha Mahathera pada tahun 1955.
Menurut sejarah, vihara Buddhagaya Watugong didirikan pada tahun 1957, dan merupakan vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit. Saat itu berupa vihara kecil, dan sempat terlantar selama beberapa tahun. Hingga akhirnya Sangha Theravada Indonesia memprakarsai renovasi vihara Watugong menjadi sebuah vihara yang besar, indah, megah. Pada tahun 2006 vihara ini diresmikan kembali. (Sumber : wisatapedi.com)

Selain itu Patung Buddha yang berdiri di pelataran Vihara tepatnya di bawah pohon Bodhi Anda akan melihat patung Buddha tidur berwarna coklat mengenakan pakaian dan tubuh dengan warna senada yaitu emas. Walaupun sebagai tempat wisata yang dibuka untuk umum, namun tetap kita harus berpakaian sopan dan berperilaku yang santun, karena tetap saja Vihara ini merupakan tempat ibadah yang harus kita hormati.


Untuk lokasi dari Vihara ini yaitu terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Watugong, Semarang atau tepat di depan Markas Kodam IV Diponegoro. Untuk tiket masuk Vihara ini tidak dikenakan biaya namun cukup bayar seikhlasnya saja. Oh iya jangan khawatir untuk parkiran, karena parkiran yang disediakan cukup luas baik untuk motor, mobil maupun bis.

Nah, luasnya Vihara ini dengan berbagai macam keunikan yang disajikan membuat kita semua akan terkagum-kagum akan sejarah, agama, serta budaya nya. Tunggu apalagi, yuk berwisata ke Semarang !

Load comments

1 Comments: