Membuka Mata Akan Perpaduan Alam dan Sejarah di Gedong Songo Semarang !

Halo teman-teman semua

Candi Gedong Songo merupakan salah satu candi dari banyaknya candi di Semarang. Candi Gedong Songo menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi baik wisatawan lokal maupun internasional. Karena keunikan dan sejarah Candi Gedong Songo dinilai unik, membuat tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib di kunjungi bilamana anda berkunjung ke Semarang. 

Candi Gedong Songo berada di atas bukit, memiliki 5 induk candi dan 4 anak candi, bilamana di total keseluruhan terdapat 9 candi, sehingga dinamakan lah Candi Gedong Songo, yang dalam bahasa Jawa, songo berarti sembilan. 

Bilamana berkunjung ke tempat ini, terdapat 2 pilihan tracking untuk menikmati ke semua Candi, karena lokasi ke 9 candi berjauh-jauhan, mulai dari Candi Gedong Songo I yang sudah mulai terlihat bilamana kita membeli tiket. Untuk menikmati seluruh candi bisa menggunakan kuda yang disediakan, maupun berjalan kaki. Bilamana naik kuda kita dapat memilih ke candi berapa yang ingin dilihat, bisa ke semua candi juga lho. Bila jalan kaki, tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, karena untuk dapat menikmati ke 5 Induk candi (yang mana dari ke 5 induk candi tersebut terdapat 4 anak candi) kita harus melewati 2 bukit, menyeberangi bukit naik dan turun. 

Di tengah-tengah perjalanan (antara candi ke 3 dan ke 4) kita dapat berkunjung ke pemandian air panas asli belerang. Di sana kita dapat berendam sejenak, karena di sekitar situ terdapat semburan panas dari dalam gunung, yang membuat tempat tersebut menjadi semakin menarik. 

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah kompleks bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi. Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 Masehi). Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo.

Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara di sini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C). Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda (Sumber : Wikipedia)

Nah, selain candi yang dinikmati, kita dapat menikmati pemandangan Semarang dari atas bukit, sungguh pemandangan yang indah dan ter-bayarkan bilamana kita sudah berada di puncak bukit (tempat candi - candi berada). Karena pada umumnya memang ke 9 candi tersebut berada di atas bukit.

Untuk track bisa dibilang cukup tajam, dengan tanjakan dan turunan yang harus dilalui dengan hati-hati, oleh karena itu bilamana kalian ingin mengunjungi ke semua candi dengan mudah, bisa dengan menunggangi kuda. Namun bila kalian ingin melakukan hal yang menantang, bisa dengan jalan kaki, karena sensasi yang didapatkan akan berbeda.

Nah, jika ingin melihat keunikan sejarah Indonesia dan keindahan alam Indonesia yang ada di Candi Gedong Songo. Yuk ke Semarang !

Load comments

1 Comments: