Pesona Curug Leuwi Hejo Bogor

Hallo teman-teman semua

Bogor merupakan salah satu Kabupaten/ Kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini memiliki banyak julukan, mulai dari "Kota Hujan", "Kota Seribu Angkot (angkutan umum)" dan lain-lain. Bogor sendiri sama halnya seperti Kabupaten/ Kota lain, yaitu memiliki banyak tempat wisata yang menarik, terutama wisata-wisata alam. Karena Bogor merupakan daerah yang sejuk dan dingin karena Bogor diimpit oleh 3 Gunung besar dan beberapa gunung kecil, diantara-nya gunung Gede, gunung Pangrango dan gunung Salak, tentunya itu menjadi poin plus bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kota hujan ini.

Wisata mulai dari kebun teh, puncak, museum, kebun raya, hingga air terjun pun Bogor miliki. Untuk wisata air terjun yang banyak orang ketahui salah satunya adalah wisata alam Curug Leuwi Hejo. Curug leuwi hejo berlokasi di Desa Mangun Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang. Untuk lokasinya bisa ditempuh dari mana saja, karena ibaratnya kita hanya mengelilingi bukit-bukit kecil saja. Namun rute yang paling umum dilalui adalah melalui Sentul Bogor, yang nantinya akan tembus ke Jungle Land. Tinggal lurus saja, maka kalian akan dihadapkan dengan pertigaan, yang mana bila ke kanan akan menuju pemandian air panas gunung pancar, dan kalau ke arah kiri akan menuju Curug Leuwi Hejo dan curug-curug lainnya yang tak kalah bagus.

Curug Leuwi Hejo memiliki keunikan dan keindahan yang membuat setiap orang berdecap kagum. Karena pada dasarnya banyak orang yang menyebut Curug Leuwi Hejo sebagai "green canyon" nya Bogor. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan curug ini memiliki warna hijau tosca di bawah air terjunnya, selain itu kolamnya pun juga berwarna hijau. Tentunya hal tersebut membuat mata kita terpana akan keindahannya.

Tak cuman warnanya saja yang hijau, air dari curug ini begitu dingin dan jernih. Kita dapat bermain-main di sekitar Curug Leuwi Hejo ini, apalagi kiri kanan dihiasi dengan bebatuan-bebatuan besar yang menambah keindahan curug ini, selain itu bila siang menjelang sore hari, pancaran sinar matahari akan membuat air di curug ini menjadi membias dan kita dapat melihat dasar curug yang begitu jernih.

Tak hanya dipandang saja, Curug Leuwi Hejo juga bisa digunakan untuk berenang bersama teman-teman ataupun keluarga, namun perlu diingat tetap berhati-hati, dikarenakan tempat atau kolamnya memiliki banyak sekali bebatuan-bebatuan besar yang licin.


Sebenarnya Curug Leuwi Hejo tidak memiliki kucuran air atau air terjun yang begitu tinggi, hanya sekitar 2-3 meter saja. Namun yang membuat menarik adalah tebing di bagian kiri dan kanan yang mengimpit curug ini. Sensasi berwisata yang begitu indah.

Untuk penamaan Leuwi Hejo sendiri, sebenarnya berasal dari dua kata dalam basa sunda yakni kata Leuwi & juga Hejo. Leuwi sendiri dapat di artikan sebagai area maupun tempat tertentu yang menjadi bagian dari sebuah sungai, dengan kedalaman yang sulit untuk di ukur seberapa jauh kedalamannya oleh orang-orang pada jaman dahulu dan biasanya hanya di ukur mempergunakan sebuah batang tanaman saja. Leuwi bisa juga di artikan sebagai tempat yang dipergunakan sebagai pemandian, dengan aliran air yang tenang dengan berbatuan & pepohonan di sekitarnya.

Sementara Hejo sendiri, tentunya merupakan penyebutan untuk warna Hijau dalam basa sunda, hijau di sini bukan berarti hijau seperti air empang / aliran sungai yang penuh limbah, namun justru hijau karena kejernihannya yang menimbulkan semburat gradasi biru kehijauan hasil pantulan dengan cahaya mentari yang kini menjadi asal usul penamaannya.

Sebelum dikenal dengan Leuwi Hejo, dulunya kawasan ini lebih dikenal oleh para penduduk dengan nama Curug Bengkok. Penamaan ini sendiri, merujuk pada aliran air yang ada di air terjun & juga sungainya berkelok atau tidak lurus sebagaimana pada air terjun pada umumnya. Curug ini sendiri baru dibuka pada tahun 2014 silam setelah opening bagi wisatawan umum pada bulan Oktober. (Sumber : Jejak piknik)

Oh iya, untuk tiket masuknya per orang dikenakan biaya 20 ribu rupiah, dan untuk parkir dikenakan biaya 5 ribu rupiah. Untuk fasilitasnya tak usah khawatir, tentunya ada banyak sekali tempat ganti, tempat makan, spot foto yang menghadap langsung ke pemandangan luas, serta ojek yang selalu tersedia bilamana kalian lelah berjalan. 

Nah tunggu apalagi, wisata alam seperti ini jangan sampai dilewatkan, Yuk ke Bogor !





Load comments

0 Comments