Mencoba Wisata Kuliner Perpaduan Semarang dan Tiongkok di Kampung Semawis Pecinan !

Halo teman-teman semua

Semarang memang terkenal dengan berbagai macam kuliner, seperti Lumpia, Bandeng presto dll. Tidak salah bilamana banyak sekali tempat kuliner-kuliner mulai dari kuliner khas Semarang maupun bukan

Selain kental dengan kuliner, Semarang juga kental dengan budaya Tiongkok nya, karena masyarakat Semarang banyak yang keturunan Tiongkok, sehingga banyaknya klenteng di Semarang pun menjadi salah satu sebabnya.

Semawis Pecinan sendiri merupakan kampung Tiongkok yang dimana pada hari Jumat, Sabtu, Minggu menyuguhkan berbagai macam kuliner-kuliner khas Tiongkok maupun kuliner Indonesia yang dipadukan dengan kuliner Tiongkok. Tidak hanya kuliner Tiongkok saja, melainkan jajanan-jajanan apa saja pun ada disini.

Digelar di Gang Warung, Pecinan, Kota Semarang, setiap akhir pekan (hari Jumat – Minggu) dari pukul 18.00 – 23.00 WIB, Pasar Semawis atau juga disebut dengan Waroeng Semawis, menyajikan aneka jajanan kuliner dengan konsep tenda tenda. Aneka makanan atau kiliner khas Semarang dengan mudah kita jumpai di sini. Gang Warung pada setiap gelaran ini, sengaja ditutup aksesnya untuk kendaraan, sehingga pengunjung jalan kaki di sepanjang area, dengan kendaraan diparkir di Beteng, Gang Pinggir, Gang Besen atau sekitar kawasan Pecinan. (Sumber : exploresemarang.com)

Uniknya adalah, tempat ini tidak hanya sebagai tempat makan saja, melainkan bisa untuk nongkrong, foto-foto, dan juga hanya sekedar jalan-jalan saja. Keunikan lain dari tempat ini adalah berada di dalam sebuah gang, jadi tidak terlalu luas, namun panjang, dari ujung sampai ujung kuliner/jajanan apa pun tersedia di sini. Karena pada dasarnya memang pecinan sebagai kampung orang China dahulu kala, namun Semawis sendiri merupakan nama tempat untuk jajanan - jajanan tersebut.




Untuk yang penasaran silakan datang ke Semarang untuk menikmati jajanan/kuliner di Pecinan Semawis ini. Tetapi tetap diperhatikan ya, karena ada makanan yang mengandung babi ada juga yang halal. Tenang saja, sudah ada stiker di depan gerobak/tenda bila makanan tersebut mengandung babi, jadi jangan khawatir bagi orang-orang yang tidak boleh memakan babi.

Penasaran kan seperti apa uniknya pecinan Semawis ini? Yuk ke Semarang ! 



Load comments

3 Comments