Menikmati Sejuknya Suasana di Hambalang Sentul


Halo teman-teman

Hambalang sentul booming karena memiliki kasus yang ada dahulu, pembangunan gedung-gedung yang belum jadi membuat Hambalang menjadi suatu proyek gagal.

Hambalang sendiri hakikatnya merupakan nama tempat, yang juga dimana sebagai lokasi dari Indonesia Peace and Security Center atau pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia. Apa sih IPSC itu? untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya :

Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia, atau lebih sering disebut Indonesia Peace and Security Center atau IPSC adalah sebuah fasilitas pelatihan dan perkantoran berbagai institusi keamanan, kementerian/lembaga, baik sipil maupun militer. Seluruh Kawasan ini disebut Canti Dharma. Kawasan ini bertempat di Sentul, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kawasan ini didirikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010-2014 dan diresmikan tanggal 7 April 2014. Kawasan ini dikelola oleh Badan Instalasi Strategis Nasional (Bainstranas), Kementerian Pertahanan Republik Indonesia . Instansi, Kementerian dan Lembaga yang bertempat di kawasan ini yaitu:
  • Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia
  • Pusat Pasukan Siaga TNI
  • Pusat Olahraga Militer 
  • Universitas Pertahanan Indonesia  
  • Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana 
  • Pusat Pelatihan Penanggulangan Terorisme dan Deradekalisasi, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme 
  • Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 
Pembangunan fasilitas Kawasan IPSC dimulai tahun 2010 yang berawal dari konsep 2 in 1, menjadi 4 in 1, hingga 7 in 1 diatas tanah seluas 261 Ha terletak di ketinggian 450 meter dari permukaan laut. Pembangunan fasilitas tersebut menggunakan anggaran sebesar Rp. 1,643 triliun dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2014 (multi-years). Hal tersebut menjadikan IPSC sebagai pusat keamanan terbesar yang pernah dimiliki negara-negara di ASEAN (Sumber : Wikipedia)

Nah selain sebagai tempat IPSC, Hambalang sendiri memiliki pemandangan yang nggak kalah bagus sama tempat-tempat perbukitan lainnya, karena Hambalang sendiri berada di atas bukit. Untuk pemandangan kita bisa melihat kota Cibinong dari atas, terlihat sekali bagaimana kota Cibinong dan pabrik semen di Citeurup pun terlihat.

Bila kita naik lagi kita akan menemukan gedung tua atau sekarang dikenal dengan candi Hambalang, dimana gedung yang sudah dibangun menjadi tidak terpakai karena kegagalan dalam proses pembangunannya.

Tempat ini selalu ramai karena merupakan jalan penghubung antara desa Hambalang dengan sentul. Dan juga menjadi jalan tembusan ke Citeurup. Memang pada dasarnya tempat ini dinilai sangat bagus dari segi pemandangan serta keindahannya.

Nah ingin tahu seperti apa itu hambalang? Ayo ke Bogor !




Load comments

2 Comments