Umbul Ponggok, Bunaken Van Klaten !

Halo teman-teman semua

Pagi, Siang, Sore dan Malam semua. Kali ini saya mau cerita mengenai wisata alam yang dulu pernah ngehits (mungkin sekarang juga masih). Model wisata alam ini dulu sempat ramai di sosial media dengan banyak bermunculan foto-foto underwater yang sangat amat keren, dan mungkin dari kita semua bertanya-tanya, dimana sih tempat atau spot foto seperti itu?

Nah!, salah satu tempat yang menyuguhkan pemandangan bawah air itu adalah Umbul Ponggok yang terletak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di Klaten sendiri sebenarnya banyak sekali tempat-tempat wisata air seperti ini yang menyuguhkan kesegaran alam dipadukan dengan wisata keluarga. Namun yang paling populer ada umbul ponggok yang saya kunjungi.

Umbul Ponggok berbentuk layaknya kolam, namun tidak beralaskan lantai ataupun kolam-kolam renang pada umumnya, bahkan umbul ponggok terkesan lebih seperti kolam ikan! Namun jangan salah sangka, walaupun seperti kolam ikan, pemandangan di bawah airnya begitu memesona, layaknya berada di pantai-pantai deh, kita bisa diving, snorkling dan lain lain. Airnya juga bukan air kaporit, namun mata air asli yang sangat segar dan dingin, cocok untuk kalian yang benar-benar ingin berwisata alam.

Yang unik di umbul ponggok ini adalah kolamnya berisi ikan-ikan cantik yang menghiasi seluruh dasar kolam, banyak jenis ikan yang memang menambah kesan indah untuk kolam Umbul Ponggok ini. Selain itu banyak spot-spot foto di bawah air juga lho, jadi untuk foto-foto underwater yang kalian inginkan bisa terwujud deh disini. Properti yang disediakan juga cukup banyak dan keren-keren, seperti ada motor vespa, motor rx-king, ayunan dan bahkan bangku taman. Jadi untuk kalian yang ingin merasakan dan memiliki foto bawah air, umbul ponggok bisa dijadikan salah satu pilihan kalian untuk berwisata di akhir pekan !

Umbul Ponggok menjadi objek wisata yang luar biasa, selain berguna untuk mengairi kebutuhan sawah, perkebunan, dan air minum warga, namun juga dapat berkembang menjadi objek wisata yang mampu menarik banyak pengunjung. Pemerintah desa Umbul Ponggok serta masyarakat turut berinovasi dan mengkreasikan untuk merubah Umbul Ponggok menjadi objek wisata yang unik serta menarik dengan tema Snorkling, Diving, dan foto Underwater.   

Banyak pengunjung menjuluki tempat ini sebagai Bunaken Van Klaten. Sensasi menyelam dalam air, menikmati keindahan menyelam di bawah air dengan air tawar yang jernih, segar, dan dingin seperti sorkeling, diving di Bunaken. (Sumber : kampoengilmu.com)


Untuk yang ingin snorkling ataupun diving pun tidak usah khawatir jika tidak memiliki perlengkapan pribadi, karena kalian semua bisa menyewanya di sana, pihak pengelola sudah menyediakan tempat penyewaan mulai dari kaki katak, kacamata menyelam dan pelampung, harga yang ditawarkan relatif murah, untuk kacamatanya sekitar Rp 13.000, untuk pelampung dan kaki katak nya sekitar Rp 7.000. Ada pula loker untuk menitipkan barang-barang kalian, untuk sewa lokernya juga murah yaitu sekitar Rp. 3.000 saja. Selain itu bilamana kalian tidak memiliki kamera underwater dan ingin menyewanya juga bisa lho, bahkan bisa sewa fotografernya sekalian, sungguh sangat lengkap kan? Tentunya masih banyak fasilitas lainnya seperti kantin dan Mushola.

Bilamana kalian ingin berwisata ria bersama keluarga umbul ponggok menjadi tempat wisata yang pas sekali, tidak usah khawatir dengan tiket masuknya, hanya Rp. 15.000 saja per orang dan kalian sudah bisa menikmati indahnya alam bawah air dan momen yang tak terlupakan tentunya.

Tunggu apalagi, Yuk ke Klaten ! 



Load comments

2 Comments